Berita Pangandaran

Jelang Ramadhan Polsek Pangandaran Jaring Ratusan Petasan

Minggu, 29 Juni 2014 09:06 WIB Redaksi 577
Jelang Ramadhan Polsek Pangandaran Jaring Ratusan Petasan

Pangandaran - Menjelang bulan suci Ra­madan jajaran Polsek Pangan­daran menggelar operasi minuman keras dan petasan, Jumat, (27/6/2014) di sekitar wilayah hukum. Operasi tersebut dengan tujuan agar pelaksanaan puasa berjalan lancar dan kondusif.
Kepala Polisi Sektor Pa­ngandaran Komisaris Bujang Harapan SH melalui Panit Reskrim Ipda Endang Wijaya mengatakan, hasil operasi sementara menyita petasan jenis apollo kecil 408 biji, apollo besar 92 biji dan jenis korek api 7500 biji.
"Sedangkan untuk miras Intisari 11 botol, Anggur Merah 20 botol, AP 2 botol, Kilin 2 botol, Vodka 1 botol dan New­pot 1 botol yang berhasil disita dari para pedagang di wilayah Pangandaran sebagai barang bukti,"ungkapnya.
Menurutnya para penjual petasan rata-rata didapat di sekitar pasar Pananjung Pa­ngan­daran dan juga di pinggir jalan di wilayah wisata Pangandaran. "Tadi begitu mu­lai operasi banyak pedagang yang masih tutup dan yang paling utama yakni operasi minuman op­losan,"tuturnya.
Dirinya juga menambahkan hasil operasian miras dan petasan akan di serahkan ke Polres Ciamis dan yang ada sudah dilaporkan ke atasannya.
"Sementara yang lainnya tergantung situasi, dan bisa juga nanti dimusnahkan di Polsek Pangandaran saja,"tambah En­dang.
Sementara itu salah satu pedagang petasan di Pasar Pananjung Pangandaran, Wawan (28) dirinya membenarkan telah ada operasian petasan tetapi kebetulan tidak menjual petasan.
"Begitu baru menggelar dagangan dihampiri petugas po­lisi tetapi saya hanya menjual kembang api biasa bukan pe­tasan,"tambah Wawan.
Karena Ia tahu menjual pe­tasan atau mercon itu dilarang oleh hukum Indonesia. Oleh karena itu, agar Ia berjualan dengan aman tanpa mengalami kerugian, Ia menjual yang diperbolehkan oleh aparat keamanan.
"Ya pasti rugi dong pak kalau terkena razia. Saya yakin yang terkena razia itu modal sendiri. Jadi kalau terkena razia, boro-boro dapat untung, yang ada malah buntung alias rugi. Untung saja saya mah gak jualan kayak geto,"ujarnya.



Scroll to Top