Berita Pangandaran

Ngabuburit Sambil Mancing

Selasa, 01 Juli 2014 07:15 WIB Redaksi 569
Ngabuburit Sambil Mancing

Kalipucang - Bagi sebagian masyarakat yang berada di pesisir, seperti Pangandaran, Kalipucang dan Parigi, mencari ikan me­lalui memancing merupakan rutinitas sehari-hari. Selain menyenangkan, juga hasilnya untuk pauk sehari-hari.
Namun, memasuki bulan puasa ini, aktifitas memancing rupanya tidak hanya dilakukan oleh mereka yang hobi tetapi dilakoni juga oleh masyarakat biasa sebagai pengisi waktu menuju adzan magrib alias ngabuburit se­perti yang dilakukan oleh puluhan pemancing di sungai Ciputrapinggan Kalip­ucang, Senin, (30/6/2014).
Salah seorang pemancing yang setia di depan "jeujeur­nya", Engkus (48) warga Bu­lak Laut Pangandaran me­nga­ku, dirinya selalu meman­cing bersama untuk berburu ikan belanak di sungai Ciput­rapinggan karena airnya ti­dak keruh. "Saya kadang da­pat 15 ekor ikan belanak be­­sar sampai ada yang 3 kilogram satu ekornya,"ujar Engkus.
Engkus menuturkan, berangkat dari rumah sekitar pukul 13:00 WIB dan sampi pukul 16:30 WIB. Apabila se­dang ramai katanya, keramaian orang yang sedang memancing seperti pasar penuh berjejer di pinggir sungai.
"Hasilnya juga tergantung pada umpan, kalau saya pa­kai pelet ataupun cacing ditambah lemak. Itu pun kalau ada,"tutur Engkus.
Hal serupa juga dikatakan Pujianto (36) warga Desa Babakan Pangandaran yang berangkat dari rumah 12:00 WIB sampai pulang pada pukul 17:30 WIB. Mema­n­cing kata Pujianto tidak ha­nya dilakoni pada bulan pua­sa saja, tetapi setiap hari usai pulang kerja.
"Dan kebetulan sekarang bulan puasa, jadi sekarang mancing sambil ngabuburit. Kalau sedang banyak ikan sampai dapat 15 kg. Pokok­nya seperti memancing ikan di kolam bila lagi banyak ikan mah,"ucap Pujianto.
Saat ditanya umpannya apa, Pujianto mengaku akan merahasiakannya. Karena jenis umpan akan meme­nge­rahui perolehan ikan yang didapat.
"Kadang meski duduk ber­jejer, umpannya berbeda. Bi­la si pemancing kerap da­pat ikan, si pemancing yang satunya lagi ngintip umpan yang dipakai si pemancing yang sukses itu dan begitu sebaliknya,"katanya



Scroll to Top