Berita Pangandaran

Petasan Jenis Cobra,Amankah?

Kamis, 10 Juli 2014 06:39 WIB Redaksi 549
Petasan Jenis Cobra,Amankah?

Pangandaran - Petasan merupakan tradisi pada bulan ramadhan dan kebanyakan yang bermainnya dari anak-anak usia dini sampai dewasa juga ada,sudah berbagai macam cara dilakukan oleh pihak kepolisian dengan merazia petasan yang sangat membahayakan dan hasilnya pun cukup banyak dari para pedagang yang sering mangkal di pasar ataupun pinggir jalan raya,tetapi mereka menjual ada yang membahayakan ada juga yang tidak seperti petasan jenis cobra.

Misalnya Haikal (5) bersama temannya sedang asyik bermain petasan cobra yang bila dinyalakan tidak bersuara melainkan menjadi panjang seperti ular cobra.

"Om,petasan ini kalau dinyalakan justru malah menjadi panjang,"ungkapnya

Menurut salah satu pedagang Maman (28) petasan jenis ular cobra ini bentuknya seperti obat tablet dijual dengan harga Rp.1000,-/pack sebesar cangkang koreng api dan memang tidak bersuara seperti petasan lainnya.

"Memang petasan ini lucu bila di sulut dengan api malah memanjang tidak bersuara dan sangat aman bila dimainkan oleh anak-anak,"tutur Maman.

Dirinya menambahkan mainan ini sebenarnya bukan jenis petasan karena dari bau asapnya bukan seperti bau obat untuk petasan.

"Bentuknya kecil giliran dinyalakan menjadi panjang,pokoknya lucu,"tambahnya sambil mencoba satu di depan wartawan.



Scroll to Top