Berita Pangandaran

Sungai Balandongan Meluap Rendam Ratusan Rumah

Minggu, 13 Juli 2014 08:55 WIB Redaksi 597
Sungai Balandongan Meluap Rendam Ratusan Rumah

Cijulang - Hujan deras yang terjadi di wilayah Cijulang dan sekitarnya menyebabkan sungai balandongan yang melintas di antara Desa Cijulang dan Kondangjajar meluap dan merendam ratusan rumah di empat Dusun yakni Barengkok ,Kalenwadas dan Ciwaru Desa Cijulang juga Dusun Kalensari Desa Kondangjajar Kecamatan Cijulang.Banjir ini juga melumpuhkan transportasi darat pasalnya air dijalan raya tingginya sampai ukuran pinggang orang dewasa.
Kadus Kalensari Abdul Rohman (40) mengatakan air yang meluap dari Sungai Balandongan yang melintas di dua Desa Kondangjajar dan Cijulang langsung merendam rumah penduduk di wilayahnya.
"Rumah yang terendam berada di Dusun Kalensari RT 21, 22,24,25,26 dan 27 hampir 200 KK,"ungkapnya.
Menurutnya air mencapai ketinggian sampai 100 Centimeter,dan warga yang terendam terus diefakuasi kerumah tetangga yang tinggi juga pesantren Kalangsari Cijulang.
"Di rumah saya juga sebagian warga ada yang di evakuasi sama di pa kuwu sekaligus memasak,"tuturnya.
Kepala Polisi Sektor Cijulang Ajun Komisaris Kusdinar SH mengatakan hujan dari jam 4 subuh kemudian hujan lagi sampai siang sekitar pukul 11:00 Wib.
"Kami bersama anggota Polair,Koramil,Balawista,OPRB dan juga warga membantu proses evakuasi warga masyarakat,"ungkapnya.
Dirinya menambahkan dalam kejadian ini juga ada rumah yang tertimpa pohon albasia di Dusun Kalen Wades.
"Alhamdulilah dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa,untuk kerugian belum bisa di prediksikan,"tambahnya.



Scroll to Top