Berita Pangandaran

Pemerintah Kabupaten Pangandaran Berikan Bantuan Bencana Alam

Kamis, 22 Januari 2015 07:44 WIB Redaksi 519
Pemerintah Kabupaten Pangandaran Berikan Bantuan Bencana Alam

Pangandaran - Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serahkan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah baik bencana alam maupun bencana lainnya yang terjadi selama tahun 2013 lalu.Penyerahan bantuan yang dihadiri korban dan relawan bencana diserahkan secara simbolis oleh Penjabat Bupati Pa-ngan¬daran H. Endjang Naf¬fandy kepada Camat di 10 kecamatan yang ada di Kab. Pa-ngandaran.
Penjabat Bupati Pangan¬daran H. Endjang Naffandy me¬¬nyampaikan, da¬lam me-nanggulangi bahaya bencana, semua pihak harus mengupayakan antisipasi penanggulangan dari sejak dini.
"Dan kami akan terus berupaya untuk mengajukan bantuan dari BNPB, juga ang-garannya bisa lebih diting¬kat¬kan lagi. Kami pun akan terus berupaya memenuhi kebutuhan untuk bantuan benca¬na alam." katanya seraya berharap dengan terbentuknya FKDM bisa mendeteksi bencana secara dini.
Terkait upaya terhadap antisipasi bencana alam, Kepala BPBD Kab. Pangandaran H. Nana Ruhena mengatakan, pihaknya sudah membentuk Forum Kesiapsiagaan Dini Masyarakat (FKDM) di enam desa. Selain membentuk, juga di desa tersebut saat ini sudah memiliki sejumlah relawan yang siap tanggap bencana.
"Dari keenam desa tersebut yakni Desa Babakan, Pangan¬daran, Pananjung Kecamatan Pangandaran. Juga di Desa Batukaras, Masawah dan Legok Kec. Cimerak," ucapnya.
Sementara, terkait bantuan yang diberikan, Nana menga¬takan, Pemkab Pangandaran menyalurkan bantuan bencana lama senilai Rp 223 juta untuk 270 KK.
"Untuk saat ini Pemerintah Daerah baru mampu memberikan bantuan melalui ABPD perubahan yang besarannya untuk korban bencana berat senilai Rp 1,5 juta, korban bencana sedang Rp 1 juta dan korban bencana ringan Rp 500 ribu," ungkapnya.



Scroll to Top