JAKARTA - Berikut ini adalah lima berita ekonomi yang menarik untuk dibaca pada hari Sabtu (4 Mei). Mulai dari sikap pemerintah terhadap Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025, dampak positif mudik bareng BUMN terhadap arus lalu lintas, peningkatan kapasitas nelayan melalui kebijakan hilirisasi, kepastian defisit APBN 2025, hingga penambahan penerbangan pada arus balik lebaran 2024.

Berikut ini adalah berita-berita:

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mulai menyusun RAPBN 2025 untuk pemerintahan baru

Kementerian Keuangan (Kemenkeu), bersama dengan sejumlah kementerian dan lembaga terkait, telah membahas struktur RAPBN 2025 yang merupakan alokasi anggaran pertama bagi pemerintahan baru. Proses ini telah dimulai. Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Istana Kepresidenan Jakarta pada hari Jumat sore setelah pertemuan dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengenai RAPBN 2025.

Menteri Perhubungan: Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa program Mudik gratis dari perusahaan-perusahaan BUMN akan membantu memperlancar arus mudik selama Lebaran 2024/1445. "Program Mudik Gratis BUMN ini tidak hanya membantu saudara-saudara kita yang ingin pulang kampung, tetapi juga membantu kelancaran arus mudik karena akan membantu masyarakat yang tadinya mengendarai sepeda motor beralih ke bus massal," kata Budi Karya dalam sebuah pernyataan di Jakarta, Jumat. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dari sisi hilir, telah memberikan dukungan peningkatan kapasitas (scalling up) bagi nelayan mulai dari memfasilitasi proyek percontohan (modelling) di desa-desa nelayan hingga memberikan dukungan peningkatan kapasitas bagi para istri nelayan, antara lain Memiliki sejumlah program untuk mendukung peningkatan kapasitas.

Memfasilitasi pengembangan pemodelan hilir berbasis desa nelayan. Sebuah proyek percontohan akan dilaksanakan di Pulau Pasaran, Lampung, yang secara khusus mendukung nelayan ikan teri," kata Direktur Jenderal KKP Budi Sulistyo, Direktur Departemen Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), mengatakan di sini pada hari Jumat.

Pemerintah setuju untuk menjaga defisit anggaran nasional di bawah 3% pada tahun 2025

Pemerintah setuju untuk menjaga defisit anggaran nasional di bawah 3% pada tahun 2025.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, setelah membahas persiapan anggaran nasional 2025 di Istana Negara di Jakarta, mengatakan bahwa "untuk menjaga disiplin dalam anggaran nasional dan untuk meningkatkan kualitas dan stabilitas sehingga Pemerintah yang baru dapat fokus pada pelaksanaan program-program prioritas, kami telah sepakat untuk melakukannya".

Menteri Perhubungan mengumumkan tambahan 2.800 penerbangan domestik untuk mudik

Menteri Perhubungan dan Komunikasi, Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa pihaknya telah mencatat tambahan 2.800 penerbangan domestik untuk periode mudik Idul Fitri pada tahun 2024. Menhub mengatakan di Jakarta, Jumat, bahwa jumlah penerbangan tambahan tersebut merupakan bentuk keseriusan maskapai penerbangan domestik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode mudik tahun ini.