Jakarta Suzy Airlines dan Panduraut Nusantara menggelar kegiatan bertajuk Suzy Airlines Jambore Airlines (SAJA) 2022 dari pukul 6-17-19 di Tamandir Gantarassis International Beach Strip di Pangandaran, Jawa Barat, 2022.

Susi Pudjiastuti, Chairman Pandu Laut Nusantara dan founder maskapai Susi Air mengungkapkan, tahun 2022 digelar untuk mempertemukan komunitas peminat aviasi dan mendekatkan masyarakat dengan dunia dirgantara.

" Hobi saya bukan hanya Moge (sepeda besar), tapi juga jeep. Sebaliknya, saya rasa Indonesia indah dilihat dari atas, jadi saya ingin menyebarkan kecintaan saya pada dirgantara kepada semua orang," kata susi dalam keterangan resminya, Jakarta, Sabtu

Kegiatan ini dapat dinikmati oleh mereka yang ingin menyaksikan aksi akrobatik 40 pesawat secara gratis.

Pada kesempatan yang sama, Pandu Laut Nusantara juga melakukan kegiatan pembersihan pantai dan penanaman 300 bibit mangrove dengan dukungan Kodam III Siliwangi, tim Susi Air, dan Pemkab Pangandaran.

Menurut Susi, penanaman mangrove merupakan salah satu inisiatif untuk mengurangi dampak perubahan iklim.1

"Keberadaan pohon bakau juga diharapkan menjadi rumah yang dapat melindungi biota laut," katanya.

Dengan demikian, Susi mengingatkan masyarakat untuk melindungi spesies mangrove yang ditanam dengan tidak membuang sampah plastik ke sungai dan lautan.

Saja 2022 dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai negara, antara lain Duta Besar Riyad Doridi dari Tunisia, Duta Besar Ouadia Benabderer dari Maroko, Duta Besar Abdullah Salem Aldaheli dari Uni Emirat Arab, dan Duta Besar Abdullah Abou Rommane dari Yordania.

Beberapa komunitas penerbangan yang berpartisipasi adalah Indonesia Flying Club, Bandung Flying Club, Jogja Flying Club, dan Jakarta Flying Club.

Sebanyak 24 warga diajak dari Suzy untuk merasakan langsung di dalam pesawat, mengajak warga melihat Pangandaran dari udara.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi acara SAJA2022 introducing air tourism.

"Banyak orang yang sangat senang melihat Pangandaran dari langit, karena tidak selalu memungkinkan untuk naik pesawat. Pada acara ini, saya sangat ingin melihat dan mendukung kemungkinan ke depan," kata Menteri Ekonomi Kreatif Pariwisata.