Jakarta-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menghadirkan acara Kharisma Susi Air Jambore Aviation (SAJA) untuk memperkenalkan objek wisata dirgantara yang akan didaftarkan dalam kalender Nusantara (KEN)

KEN merupakan kumpulan acara berkualitas dari 34 provinsi di Indonesia untuk mempromosikan destinasi wisata dan memfasilitasi kunjungan wisatawan. Ini akan menjadi strategi kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan otoritas lokal dengan menerapkan kegiatan berkualitas untuk meningkatkan dan meningkatkan potensi lokal.

" Mekanismenya harus diserahkan melalui Bupati, jadi serahkan ini ke Bupati Pangandalanken. Semoga kerjasama ini menjadi acara tahunan yang membanggakan dan dapat merevitalisasi ekonomi lokal," kata Menparekraf di Taman Dirgantara Susis International Beach Strip Pantai Barat Pangandaran, Jawa Barat, dalam keterangan resminya, Jakarta, Sabtu.

Pada kesempatan tersebut, ia mengapresiasi acara tersebut sendirian menghadirkan atraksi dirgantara yang menarik bagi para wisatawan khususnya pecinta dunia penerbangan / penerbangan tanah air.

Acara ini diluncurkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan antara tahun 2014 dan 2019 untuk mempertemukan para pecinta penerbangan Indonesia dan merayakan kemajuan penerbangan sejak pandemi COVID-19.

Beberapa komunitas penerbangan yang berpartisipasi adalah Indonesia Flying Club, Bandung Flying Club, Jogja Flying Club, dan Jakarta Flying Club.

" Kursus ini luar biasa dan mungkin kelas internasional. Sebelumnya kita menyaksikan atraksi-atraksi yang tidak hanya menghibur masyarakat, tapi juga menambah kecintaan kita pada dunia dirgantara," kata Sandiaga.

Dia ingin acara tersebut lebih berkualitas untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nasional dan internasional.

Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 sekaligus pendiri mata kuliah 2022, menjelaskan bahwa acara yang dihadiri oleh para pemilik pesawat terbang di seluruh Indonesia ini bertujuan untuk memperkenalkan dirgantara kepada masyarakat Indonesia.

Susi ingin Kemenparekraf selalu mendukung acara tahun 2022 agar dapat diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya.

" Semoga inisiatif kita mendapat apresiasi dari masyarakat dan tentunya dari pemerintah. Saya berharap otoritas pemerintah memberikan dukungan yang mudah," katanya.

Bupati Phangan Dalang Jeje Wiradinata mengatakan bahwa SAJA2022 merupakan salah satu inisiatif pemerintah daerah untuk meningkatkan kelas pariwisata Phangan Dalang 1.

"Saya pikir tahun depan akan menjadi lebih luar biasa. Ibu Suzy banyak menghabiskan waktu di Pangandalang dan sekarang telah membantu menjadikan Pangandalang luar biasa dan untuk mempromosikan dan mempromosikan pariwisata di Pangandalang," kata Jeje.