Tasikmalaya-Rekan petugas menemukan mayat nelayan yang dilaporkan sejak sepekan lalu di laut Pantai Pangkalan, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu.

Deden Ridwansah, kepala Dinas SAR Jawa Barat, mengatakan korban (45) nelayan Kabupaten Sukabumi mengatasnamakan Ence ditemukan di wilayah cimerak Kabupaten pangandaran, atau berjarak 19 km dari lokasi korban hilang.




" Informasi dari nelayan cimerak atas nama Jajang menemukan korban atas nama Ence sudah meninggal dunia," katanya.

Kata dia, korban yang hendak mencari ikan di perairan Laut Jawa Barat itu tewas saat perahunya tertabrak setelah tertimpa ombak di Pantai Pangkara Tasikmalaya, Kamis (24/10).



Jenazah korban segera dievakuasi menggunakan kapal penangkap ikan dan dibawa ke Puskesmas Chicaron, kata Deden.

" Jenazah dibawa dengan ambulan ke Puskesmas Chicaron untuk pemeriksaan lebih lanjut, " katanya.



Pencarian korban meliputi unsur gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tasikmalaya, relawan, nelayan, polri dan TNI.

Sebelumnya, korban dinyatakan hilang di perairan pesisir pangkalan pada 2/2019/10/24 pukul 04.30 WIB setelah kapal terbelah menjadi dua akibat ombak bersama rekan-rekannya.

Rekan-rekan korban berhasil menyelamatkan diri hingga mencapai daratan dengan menggunakan puing-puing kapal untuk terdampar dan diselamatkan oleh warga sekitar.

Kedua nelayan tersebut merupakan nelayan dari Pelabuhan Ratu, Sukabumi dan ingin mencari ikan untuk keperluan Batu Karas di Pangandaran.