JAKARTA - Pemerintah Kota Jakarta Utara memberikan dukungan kepada para nelayan setempat melalui sejumlah program dan kegiatan dalam upaya meningkatkan produksi perikanan. “Kami terus melakukan pendampingan melalui penyuluh perikanan dan pembinaan kepada nelayan untuk menangkap hasil perikanan,” kata Unang Rustanto, Wakil Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Utara, di Jakarta, Selasa. Dia mengatakan salah satu pembinaan yang dilakukan adalah mendorong nelayan untuk menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan dan prosedur keselamatan kerja di atas kapal. “Selain itu, kami juga akan menyalurkan bantuan berupa keranjang penampung dan kotak pendingin untuk hasil tangkapan mereka saat melaut,” katanya.

Dia mengatakan selama bulan Juni 2024, sebanyak 1.531.164 kg hasil tangkapan ikan telah diangkut ke tiga tempat pelelangan ikan (TPI) di Jakarta Utara, yaitu TPI Kali Baru, TPI Cilincing, dan TPI Kamal Muara.




Di TPI Kali Baru, 452.480 kg dan 294.503 kg produk ikan diangkut dari daerah lain melalui jalur darat pada bulan Juni 2024.

Selanjutnya, di TPI Chilinsingh, 144.890 dan 196.227 kg produk ikan diangkut melalui jalur darat. Selanjutnya, di TPI Kamal Muara, 67.725 kg dan 344.960 kg produk perikanan diangkut melalui jalur darat.

“Produk perikanan diangkut dengan truk dari lokasi lain seperti Pelabuhan Ratu dan Pangandaran.