Tuapejat - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, mengadakan latihan dan simulasi penanganan darurat untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di kabupaten tersebut pada hari Kamis.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan BNPB Suharyanto, Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono, Wakil Gubernur Audi Joinaldi, Penjabat Bupati Mentawai, Ketua DPRD, dan instansi-instansi terkait lainnya. “Hari ini dilakukan rapat persiapan dan simulasi bencana gempa bumi dan tsunami skala besar secara mandiri,” kata Suharyanto di Tuapejat, Kepulauan Mentawai.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di empat wilayah, namun berpusat di Kepulauan Mentawai, yang dijuluki “Bumi Sikelay”. Keempat wilayah tersebut diprediksi oleh para ilmuwan memiliki potensi gempa bumi dan tsunami berskala besar. Tiga lainnya adalah Pangandaran, Chiracup dan Pandeglan.

Ia mengatakan bahwa melalui kegiatan ini, BNPB, bersama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait, ingin secara langsung menilai situasi di lapangan dan menilai kesiapsiagaan mitigasi bencana. ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...