JAKARTA - Komunitas seni budaya Napak Jagat Nusantara mendapat kehormatan sebagai penampil utama dalam rangkaian pagelaran budaya Nusantara dalam rangka HUT ke-73 TNI. Felix Wirawan, ketua Coklat Kita Napak Jagat Nusantara, mengatakan bahwa pertunjukan ini dipentaskan secara khusus untuk mendukung TNI sebagai garda terdepan dalam menjaga kebudayaan nasional dan Indonesia.

“Kami berharap dalam rangkaian perayaan HUT TNI ke-79 ini, pertunjukan Napak Jagat Nusantara oleh Kokrat Kita tidak hanya menginspirasi masyarakat luas untuk semakin mencintai seni dan budaya adiluhung kita, tetapi juga dapat dinikmati.” kata Felix Wirawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu. Napak Jagat Nusantara yang diselenggarakan pada 21-22 September 2024 di Lapangan Monas, Jakarta, berhasil menampilkan berbagai budaya Indonesia mulai dari musik tradisional, tari, wayang, dan komedi.

Napak Jagat Nusantara dipentaskan pada Rangkaian HUT TNI ke-79 dan merupakan bentuk varian dari apa yang sebelumnya dikenal sebagai Napak Jagat Pasundan (NJP).

Kelompok pelaku seni dan budaya dari Tana Pasdan ini telah berdiri sejak tahun 2013 dan merupakan bagian dari Komunitas Koklat Kita, yang telah tampil di berbagai acara seni dan budaya di tingkat nasional dan internasional.

Felix menjelaskan bahwa sejalan dengan semangat persatuan di antara para pegiat seni dan budaya Indonesia, Napak Jagat Nusantara mempersembahkan pertunjukan kolaborasi apik dari seniman lokal dan mereka yang telah menorehkan namanya di panggung internasional. Diantaranya adalah E.R Ethnic Percussion feat Kiki Juliar, Manshur Angklung, Dalang Khanha Ade Kosasih Sunarya Giriharja 2 Putu, Adella feat Difarina Indra, Sherly KDI, Nurma KDI, Lusyana Jelita, Cantika Nuswantoro, Devita Salanatya dan penyanyi lainnya. Juga, Sangal Argia di Pangandaran, Sanggar Cantika di Kabupaten Bandung, Sangal Putra Jayabaya di Cirebon, Sangal Wei Talata di Subang, Sangal Sonasoni di Sumedang, Kendangal Garut, Sangal Korwal di Jakarta Berbagai sanggar dan kalangan seni di Jawa Barat juga turut berpartisipasi, termasuk. Kesenian ini dikemas dalam bentuk pertunjukan Wayang Gorek, Rampak Kendang, Angklung dan Tarian Medley Nusantara,” jelas Felix.

Aksi panggung budaya oleh Napak Jagat Nusantara akan menambah semarak rangkaian Perayaan HUT TNI ke-73. Selain Napak Jagat Nusantara, rangkaian kegiatan juga akan diisi dengan pameran alutsista, donor darah, pelayanan kesehatan, pembagian sembako, hiburan band TNI dan agenda olahraga seperti Panglima TNI Fun Run 5K dan Panglima TNI 10K.