Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta menyesuaikan pola perjalanan sejumlah kereta api jarak jauh (KAJJ) saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10).

Manajer Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyatakan di Jakarta, Kamis, bahwa upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan raya menuju Stasiun Gambir.

Hal tersebut dikarenakan adanya penyelenggaraan Pesta Rakyat dalam rangka menyambut Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029 yang akan digelar di 14 titik dari Jalan Sudirman hingga Jalan Medan Merdeka.

Penyesuaian pola operasi kereta api jarak jauh tersebut dilakukan dengan memberhentikan rangkaian kereta di Stasiun Jatinegara untuk proses naik dan turun penumpang, yang mana dalam kondisi normal kereta api jarak jauh tidak berhenti di Stasiun Jatinegara.

“Adanya pengaturan tersebut sebagai alternatif keberangkatan, diharapkan para pelanggan kereta api tetap dapat berangkat tepat waktu dan dapat menyesuaikan waktu keberangkatannya agar tidak tertinggal oleh kereta api,” ujar Ixfan.

Berikut 27 kereta api jarak jauh keberangkatan Stasiun Gambir yang diberhentikan di Stasiun Jatinegara pada Minggu (20/10):